Close
kuliah hukum

MAHASISWA HUKUM bukan MAHASISWA BIASA

kuliah hukum
hukum mewujudkan keadilan hukum, kepastian hukum dan kemanfaatan hukum

 

Mahasiswa hukum bukan Mahasiswa biasa, bagaimana pendapat kalian para pejuang ilmu hukum di tiap kampus di Indonesia???

Seperti apa rasanya jadi mahasiswa hukum itu? Apa yang mereka pikirkan dan lakukan terhadap hukum di Indonesia? Tunggu sebentar!

Saya tidak akan langsung menjawab serentetan pertanyaan diatas, melainkan berusaha menceritakan awal cerita sebelum menjadi salah satu pejuang ilmu hukum.

Apa itu hukum?

Hukum secara pasti tidak terdefinisikan dengan universal, maksudnya pengertian tentang hukum bergantung dari pemahaman kelimuan hukum para pakarnya, serta kondisi lingkungan dimana hukum berkembang. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan mencari pengertian hukum berdasarkan pemikiran para pakar hukum yang banyak terdapat di buku-buku kuliah hukum.

Apa yang harus dipersiapkan untuk jadi mahasiswa hukum?

Nah, ini nih requirements yang kadangkala bikin calon mahasiswa hukum bakal mundur perlahan dan kabur. Tapi ingat, semua ini hanya mitos! Kebanyakan info beredar yaitu tiap mahasiswa hukum wajib hafal Undang-Undang apalagi KUHP, KUHPer dan Kitab-kitab hukum lainnya. Saya klarifikasi itu semua MITOS. Apa lagi yang para calon mahasiswa hukum takutkan? Mahasiswa hukum wajib bisa berargumentasi. Kalau ini bisa dipastikan FAKTA.

Syarat-syarat berikut cuma sekedar saran, bukan ketentuan wajib kok. Ok, syarat pertama yaitu mahasiswa hukum harus punya jiwa menegakkan keadilan (penting untuk menentukan apakah suatu kasus termasuk melanggar hukum atau tidak), syarat kedua yaitu mahasiswa hukum harus berani berpendapat (ini yang sering ditakutkan banyak orang, karena pendapat ahli hukum itu memiliki nilai tersendiri di masyarakat), syarat ketiga yaitu memiliki hobi baca buku (bagi yang belum suka baca buku, segera dibiasakan. Ingat, pendapat kita akan lebih berbobot jika berlandaskan pada doktrin atau teori yang ada di buku)

Sementara, itu dulu sebagai syarat awal untuk bisa mengarungi samudera ilmu hukum dan berjuang menjadi ahli hukum.

Kenapa harus memilih kuliah hukum?

Kalau dijelasin bakal gak ada ujungnya nih. Bagi calon mahasiswa harus mempertimbangkan dengan bijak untuk menjadi mahasiswa hukum. Kesempatan menjadi bagian dari kehidupan hukum adalah kehormatan bagi mahasiswa hukum. Kita dapat bersama-sama dengan pemerintah untuk menegakkan hukum dan keadilan. Bersama-sama dengan aparat penegak hukum untuk memberantas kejahatan melalui analisa ilmiah hukum. Setiap mahasiswa hukum memiliki kesempatan untuk memberikan sumbangsih pada negara dan bangsa Indonesia. Hal ini dikarenakan lingkungan kehidupan mahasiswa hukum yang tidak terlepas dari isu-isu hukum seputar negara dan bangsa ini. Pemikiran ilmiah kita dapat tersalurkan dan memiliki dampak bagi masyarakat apabila menjadikan hukum sebagai sarananya. Sebagaimana keberlakuan hukum yang bersifat menyeluruh maka ilmu yang kita miliki juga dapat bermanfaat secara menyeluruh di Indonesia. Kita akan menjadi salah satu pemberi keadilan karena dapat menegakkan hukum dengan baik.

Apa masa depan mahasiswa hukum terjamin?

Sampai disini jadi teringat MITOS lagi, bahwa lulusan hukum itu sudah banyak dan bakalan dapat kerja seperti apa.

Tapi itu semua bukan halangan. Ingat! Lulusan hukum yang berkeinginan untuk bekerja di bidang praktisi hukum dapat mengambil jalur seleksi menjadi aparat penegak hukum seperti jaksa dan hakim. Pekerjaan ini hanya untuk lulusan hukum (jadi aman dari lulusan non hukum).

Lulusan hukum berkesempatan bekerja di semua bidang non hukum. Karena setiap instansi atau perusahaan pasti memerlukan staf bagian hukum. Hal ini menjadikan hukum bisa fleksibel dimanapun berada. Kebutuhan segala bidang pekerjaan terhadap lulusan hukum malah yang menjadi kekhawatiran lulusan non hukum.

Atau kalau ingin bekerja mandiri, lulusan hukum dapat bekerja menjadi pengacara atau notaris.

Serba serbi mahasiswa hukum

Keadilan sudah menjadi bagian dari jiwa mahasiswa hukum, jadi nggak perlu khawatir untuk tidap dipelakukan adil.

Kepastian harus menjadi pegangan mahasiswa hukum, karena jika belum pasti maka berdampak pada akibat hukum yang diterima.

Kemanfaatan dapat terwujud jika ilmu hukum yang dimiliki mahasiswa hukum digunakan dengan sebaik-baiknya untuk menegakkan hukum dan menyadarkan masyarakat.

Lembar corat coret tersedia di kolom komentar

Silahkan berkomentar atau memberi saran terkait tulisan diatas. Apabila masukan yang diberikan ingin ditampilkan, mohon tidak menyinggung SARA. Pergunakan bahasa yang sopan dan bertanggungjawab. – Salam

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar