Close
herbal medicine unej

Herbal Medicine UNEJ, WETO Herbal Medicine, Herbal Medicine Jember

herbal medicine unej
herbal medicine unej

HERBAL MEDICINE – UNEJ

Wahana Edukasi Tanaman Obat dirancang untuk menampilkan sarana wisata yang berbasis edukasi dari anak-anak usia dini sampai masyarakat umum. Wahana ini diharapkan dapat memberikan pembelajaran tentang segala aspek tanaman obat (medicinal plants) dengan tetap memperhatikan keserasian dan kelestarian lingkungan kebun. Wahana ini selain menjadi sarana wisata dan edukasi untuk masyarakat, juga sebagai sarana yang mendukung penelitian dari berbagai disiplin ilmu yang ada di Universitas Jember (UNEJ).

Wahana ini terdiri dari :

kebun tanaman obat, gedung rimpang sebagai display pemanfaatan tanaman obat, dan green house sebagai etalase tanaman obat dan tanaman hias (anggrek) yang diharapkan dapat menjadi wahana edukasi di wilayah Jember dan sekitarnya yang memiliki keunikan tersendiri.

Ketua UPT Agrotechnopark Ir. Arie Mudjiharjati, M.S menuturkan, ada lahan seluas 13 hektare yang dikelola dan dikembangkan. Menurutnya lahan tersebut akan dibagi menjadi 3 cluster, cluster  agrowisata edukasi, training center dan agroindustry. Arie mengatakan pembangunan agroindustri khususnya produksi obat herbal akan semakin meningkatkan produksi obat herbal yang sebelumnya sudah dikembangkan oleh Fakultas Farmasi Universitas Jember.

Desain pembangunan taman obat tersebut berbentuk 3 lembar daun tembakau. Taman tanaman obat ini juga dilengkapi dengan sebuah gedung produksi dan gedung pengemasan herbal medicine (obat herbal). “Lebih dari 100 jenis tanaman herbal kami siapkan untuk melengkapi koleksi tiga taman tersebut dan kami juga bekerjasama dengan Balitbang tanaman obat untuk pengembangan kedepan” pungkas Arie.

Wahana Edukasi Tanaman Obat tersebut, diharapkan dapat menjadi aset strategis Universitas Jember yang tidak hanya bermanfaat bagi warga kampus tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat dan pemerintah, yakni:

  1. Menjadi sarana penunjang kegitan tridarma terpadu bagi civitas akademika Universitas Jember dan perguruan tinggi lainnya.
  2. Menjadi wahana pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat yang diharapkan dapat selalu memberikan informasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang up to date dan dinamis.
  3. Membantu pemerintah dibidang pengembangan agrowisata yang berbasis pendidikan dan pertanian industrial, sehingga mampu menggerakkan roda perekonomian wilayah yang diharapkan dapat menyediakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat.

 

 

herbal medicine unej 06herbal medicine unej 05herbal medicine unej 04herbal medicine unej 03herbal medicine unej 02

herbal medicine unej 01

Dekan Farmasi Unej, Lestiyo Wulandari mengatakan Wahana Edukasi Tanaman Obat dirancang untuk menampilkan sarana wisata yang berbasis edukasi dari anak-anak usia dini hingga masyarakat umum.

“Wahana itu diharapkan dapat memberikan pembelajaran tentang segala aspek tanaman obat dengan memperhatikan keserasian dan kelestarian kebun karena tercatat sekitar 200 jenis tanaman obat di lahan seluas 1 hektare itu,” katanya. Selain menjadi sarana wisata dan edukasi, WETO (Wahana Edukasi Tanaman Obat) juga menjadi sarana yang mendukung penelitian dari berbagai disiplin ilmu yang ada di Universitas Jember.

“Wahana ini terdiri dari kebun tanaman obat, gedung rimpang yang menyerupai akar tanaman jahe yang menampilkan pemanfaatan tanaman obat, green house sebagai etalase tanaman obat dan anggrek, serta wahana permainan anak yang diharapkan memiliki keunikan tersendiri,” paparnya.

Bagi anda yang tertarik untuk berkunjung ke Wahana Edukasi Tanaman Obat Universitas Jember berikut adalah peta lokasi yang bisa anda pergunakan sebagai panduan perjalanan:

herbal medicine unej 07

 

 

 

 

 

 

 

Wahana Edukasi Tanaman Obat Universitas Jember juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan pengunjung, yang dalam jangka panjang tentu saja fasilitas-fasilitas ini akan terus ditambah.

herbal medicine unej 08

 

 

 

 

 

 

 

 

WETO digadang-gadang sebagai etalase tanaman obat nusantara berada di Agrotechnopark Jubung. WETO juga merupakan salah satu tempat wisata edukasi untuk mengenal berbagai macam tanaman obat di Indonesia.

WETO bisa dijadikan sebagai aset strategis Universitas Jember yang tidak hanya memberikan manfaat bagi unej, namun juga bermanfaat bagi masyarakat dan pemerintah.

Di kawasan WETO akan dikembangkan sebuah klinik kesehatan herbal yang menggunakan obat-obatan herbal dalam memberikan pengobatan terhadap pasien.

 

Referensi :

http://andreiramani.web.unej.ac.id/wahana-edukasi-tanaman-obat-universitas-jember/

http://agroteknopark.unej.ac.id/

https://unej.ac.id/berita/berita-akademik/unej-siapkan-lahan-untuk-industri-obat-herbal

https://unej.ac.id/berita/berita-non-akademik/weto-wahana-edukasi-tanaman-obat

ALVIN DN

Skip to toolbar