Close

Air, Sahabat Belanda

 

Alam dan Manusia selalu hidup berdampingan. Begitu juga masyarakat di negeri Belanda, mereka selalu berusaha untuk menjaga alam. Wilayah di negeri Belanda yang sebagian besar terdapat air menimbulkan upaya inovasi untuk dapat memanfaatkannya. Beragam upaya tersebut dapat digunakan untuk memajukan negeri Belanda pada berbagai sektor kehidupan. (Air, Sahabat Belanda)

Air sebagai salah satu elemen kehidupan telah memberikan berbagai manfaat besar bagi perkembangan kemajuan Belanda. Dari keterbatasan menimbulkan kemajuan. Kita tahu bahwa negeri Belanda berdiri di bawah bendungan laut yang besar. Namun, hal tersebut tidak menjadi hambatan untuk terus berinovasi.

Belanda merubah ancaman jadi keuntungan. Berikut ini beragam inovasi Belanda untuk bersahabat dengan Air :

  1. Berkebun menggunakan Air Laut

Hal ini menjadi penting, karena air laut dapat menjadi solusi atas semakin berkurangnya pasokan air bersih untuk perkebunan. Pada percobaan tanaman “Tested on Texel”, eksperimen menanam dengan air laut berjalan lancar. Tanaman-tanaman yang tumbuh dengan subur secara alami seperti glasswort dan sea lavender, memberikan keuntungan yang nyata.

  1. Pengujian Kualitas Air dengan Laser

Kualitas air dapat diuji diluar laboratorium menggunakan alat-alat optik. Alat yang dikembangkan oleh perusahaan Wageningen dikenal dengan sebutan ‘Water Insight Spectrometer’ (WISP). Alat tersebut berupa pistol laser yang dapat diatur ukurannya dan menggunakan algoritma spesial untuk menentukan konsentrasi yang tepat dari air tersebut. Itu dengan segera menunjukkan mana air yang layak minum atau hanya untuk berenang.

  1. Alternatif untuk Karung Pasir

Pada umumnya, orang-orang menggunakan karung pasir biasa untuk menutup lubang yang ada di suatu bendungan atau waduk. Penelitian dari TU Delft menemukan inovasi untuk pengganti karung pasir tersebut. Green Soil Bag, sebuah inovasi baru yang dapat dibiarkan selamanya di tempat karena diberikan campuran tanah dan bibit yang baik.

  1. Tawar bertemu Garam

Kebutuhan energi berkelanjutan dan ramah lingkungan sedang dibutuhkan di dunia. Belanda juga berinovasi membuat energi tersebut yang disebut Blue Energi. Pada bendungan IJsselmeer, air tawar dari bendungan ini dipisah kedalam Laut Wadden. Kemudian perusahaan REDstack menggunakan teknologi RED (reverse electro dialysis) untuk mengubah hubungan antara air tawar dengan air garam menjadi energi listrik.

  1. Pengetahuan Geomatik

Perusahaan SarVision adalah pelopor di bidangnya untuk mengoleksi dan menginterpretasikan data geometrik tentang lingkungan dan sumber alam menggunakan satelit dan radar pesawat. Hal ini membantu untuk memilih tindakan yang paling efektif untuk mengurangi resiko banjir.

  1. Mengurangi Erosi dengan Tiram

Membangun dengan alam semakin dicoba dan diuji untuk mengurangi erosi pantai. Di Belanda, tumpukan tiram telah diletakkan di dua lokasi di Eastern Scheldt. Ini mengurangi erosi dataran pantai dan tepian pantai yang disebabkan terusan air pasang.

 

 Sahabat Belanda

        Orang-orang Belanda telah berinovasi kreatif untuk dapat bersahabat dengan Air. Banyak inovasi yang sudah dihasilkan dan telah berdampak langsung bagi perkembangan kehidupan di negeri Belanda. Dalam hal ini, Air sebagai sahabat Belanda sudah menjadi sahabat akrab sehingga terjalin hubungan baik yang saling menguntungkan. Air yang melimpah ditambah inovasi kreatif orang-orang Belanda yang juga melimpah telah menghasilkan suatu “keajaiban”. Negara-negara di dunia telah mengakui kehebatan dari beragam inovasi Belanda. Dapatkah kita bersahabat dengan Air?

Referensi : (Air, Sahabat Belanda)

http://rvo.nl

http://www.ziltproefbedrijf.nl

http://www.waterinsight.nl

http://www.vpdelta.nl

http://www.redstack.nl

http://www.sarvision.com

http://www.ecoshape.nl

(Air, Sahabat Belanda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar